Gejala dan Pengobatan Kanker Penis

Gejala kanker penis, terutama terdapat pada daerah kepala dan pada daerah kulit yang menutupi penis. Gejala yang berarti dapat berupa daerah kemerahan pada kepala atau pada lubang pengeluaran air seni. Awalnya seperti terjadi luka atau proses radang atau luka pada kepala penis yang tidak bisa diobati dengan pengobatan biasa. Lama kelamaan luka melebar hingga merusak daerah tersebut.

Pada penderita fimosis atau kulit penutup kepala penis terlalu sempit, kepala penis sukar dikeluarkan dapat menimbulkan masalah. Jika terdapat kelainan pada kepala penis yang merupakan awal gejala dari kanker, maka gejala tersebut akan tertutupi dengan kulit. Sehingga tidak dapat dideteksi sejak awal. Ketidaktahuan penderita juga disebabkan pada taraf awal gejala ini tidak menimbulkan rasa nyeri.

Selain merusak organ reproduksi, sel kanker juga dapat menyebar ke kelenjar getah bening pada daerah didekat organ reproduksi. Jika tidka ditangani akan terjadi penyebaran ke berbagai organ hingga mengakibatkan kerusakan kulit yang luas, infeksi lama hingga mengakibatkan kematian akibat penyebaran kuman akibat adanya infeksi kronik.

Pemeriksaan kanker penis

Untuk mengetahui kelainan ini diperlukan berbagai pemeriksaan. Untuk kanker penis, tidak ada pemeriksaan laboratorium khusus sebagai penanda tumor. Pemeriksaan MRI danUSG cukup penting untuk menentukan lokasi tumor ada tidaknya penyebaran ke jaringan sekitar.

Pengobatan kanker penis

Tujuan pengobatan kanker penis adalah membuang sel kanker, namun masih tetap mempertahankan keberadaan organ dalam hal fungsi dan kosmetik. Berbeda dengan kanker lain yang dapat saja dilakukan tindakan pengangkatan organ yang terkena. Tindakan pembedahan untuk membuang tumor yang hanya terdapat pada bagian kulit dan ukurannya kurang dari 2 cm, hanya dilakukan tindakan pembuangan, sedangkan jika sudah terdapat kelainan pada kepala penis, mungkin dilakukan pengangkatan sebagian atau seluruh bagian organ ini. Dokter akan memberikan penjelasan kepada pasien, tindakan apa yang akan dilakukan berdasarkan kondisi yang dialami penderita.

Tips pencegahan kanker penis. Untuk mencegah terjadinya kanker penis, perlu dipertimbangkan faktor penyebabnya, hal yang dapat dilakukan adalah :
1. Hindari berhubungan intim dengan berganti-ganti pasangan
2. Lakukan khitan (sunat)
3. Hindari merokok
4. Jaga kebersihan pada daerah organ intim.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kanker and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>