Keperawatan Penyakit Kanker

Merawat Pasien Kanker Tahap Akhir di Rumah

Meskipun berada pada tahap akhir penyakit dan menjelang ajal, pasien paliatif harus mendapatkan perawatan paripurna. Bagaimana caranya?

Untuk perawatan pasien kanker tahap akhir di rumah (paliatif), antara rumah sakit, perawat dan keluarga mengadakan kesepakatan terlebih dahulu. Apa yang diinginkan keluarga,  apa kebutuhan yang dibutuhkan oleh pasien dan yang terpentih keluarga mengetahui apa arti perawatan paliatif.

Jika keluarga pasien penderita kanker beranggapan bahwa perawatan paliatif bisa menyembuhkan penyakit kanker maka pihak perawat dan dokter harus menjelaskan apa itu perawatan paliatif pada keluarga pasien sehingga keluarga tidak mengalami salah paham mengenai perawatan paliatif.

Menurut Sr. Lydiawati Tanudijaja, Staf Unit Perawatan Paliatif Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD), prinisip perawatan paliatif adalah meningkatkan atau mempertahankan kualitas hidup. Seorang pasien penyakit kanker yang tidak dapat disembuhkan boleh saja tetap sakit. Namun tidak boleh kesakitan, jelas Lydiawati. Penanganan perawatan paliatif tidak hanya fisiknya saja, namun juga emosional (spriritual), keadaan sosial. Apalagi biasanya pasien stadiun lanjut sudah dalam kondisi habis-habisan.

Tujuan perawatan paliatif, adalah quality of life, dan quality of death.  Penanganan perawatan paliatif tidak hanya fisiknya saja, namun juga emosional (spriritual), keadaan sosial. Apalagi biasanya pasien stadiun lanjut sudah dalam kondisi habis-habisan.

Tujuan perawatan paliatif, adalah quality of life, dan quality of death. Apa maksud quality of death itu ? Jika pasien meninggal, maka ia akan meninggalkan keluarga dan keluarganya pun siap ditinggalkan.

Yang ditangani dalam perawatan paliatif adalah psikologis, spiritual, fisik, keadaan sosial. Dalam hal ini pendidikan menjadi hal penting bagi  keluarga dan pasien karena pendidikan itu, keluarga mengerti betul situasi pasien, bahwa ia tidak akan sembuh. Mengajarkan pasien bahwa dukungan dari keluarga dalam keadaan seperti ini sangat penting. Dukungan pada stadium lanjut bukan saja secara finansial, namun keberadaan dan penunjukan rasa sayang pada pasien.

Memahami kondisi pasien penyakit kanker

Penting untuk diketahui adalah pemahaman tentang kondisi pasien dan persiapan alat-alatnya. Suster Lydia menjelaskan, bila pasien penderita kanker stadium lanjut yang akan melakukan perawatan paliatif di rumah, maka hal terpenting yang harus disesuaikan dengan kebutuhan kondisi pasien. Misalnya saja, pasien mengalami bed rest total, tidak bisa bergerak lagi dan akan tetap tidur atau tirah baring, maka harus disiapkan dekubitus matras.

Mengapa diperlukan dekubitus matras ? karena biasanya pasien kanker stadium lanjut  yang melakukan perawatan paliatif di rumah dan sudah mengalami kondisi bed rest total (tirah baring), mengalami kesulitan mobilisasi (pergerakan). Pasien juga terkadang mengalami fraktur.

Cara Pemesanan Kapsul Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme)

Jual Kapsul Keladi Tikus Obat Herbal Tradisional Untuk Pengobatan Kanker, Tumor & Kista

Harga Keladi Tikus

Harga Keladi Tikus ( Typhonium Flagelliforme ) Obat Penyakit Kanker

Harga Kapsul Keladi Tikus 1 Botol isi 60 kapsul = Rp.115.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Harga Paket Hemat Keladi Tikus ( Typhonium Flagelliforme ) Obat Penyakit Kanker

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Kapsul Keladi Tikus:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Keladi Tikus, Jumlah Botol yang dipesan atau beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kanker and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.