Makanan Pencegah Kanker

Setiap kali saat makan, makanan untuk mencegah kanker cobalah isi piring dengan dua pertiga porsi makanan nabati dan sepertiga sisanya adalah protein hewani. Makanan apa saja yang bisa menjadi isi piring saat jam makan tiba adalah :

  1. Makanan Berwarna, adalah buah-buahan dan sayuran mengandung banuak nutrisi yang dapat memerangi kanker. Semakin berwarna, semakin banyak mengandung nutrisi. Semua makana tersebut menurunkan resiko rerkena kanker, selain juga membantu menjaga berat badan. Berat badan berlebih dapat menaikkan resiko banyak kanker termasuk usus besar, esofagus dan ginjal. Konsumsi setidaknya lima porsi buah-buahan dan sayuran dalam sehari. Tentu saja semuanya disiapkan dengan cara yang sehat.
  2. Sarapan Anti Kanker. Folat adalah vitamin B yang dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, rektum, dan payudara. Saat sarapan, konsumsi banyak folat yang terkandung  dalam sereal dan produk gandum murni. Demikian pula dalam jus jeruk, melon, dan stroberi.
  3. Lebih Banyak Sumber Folat. Sumber folat lain adalah asparagus dan telur. Demikian pula dalam hati ayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari dan sayyran berdaun hijau, seperti bayam. Cara terbaik mendapatkan folat bukanlah melalui supelemen, melainkan mengonsumsi cukup buah, sayuran dan produk biji-bijian yang telah diperkaya folat.
  4. Makanan Tomat. Belum jelas faktor apa dalam tomat yang dapat memerangi kanker, likopen (pigmen pemberi warna merah) atau yang lainnya. Namun, sejumlah penelitian telah membuktikan tomat mengurangi resiko terkena kanker, termasuk kanker prostat. Riset juga menyatakan bahwa produk tomat, seperti jus atau saus, meningkatkan potensi tomat untuk mengurangi resiko kanker.
  5. Potensi Antikanker dari Teh. Walau buktinya belum kuat, teh bisa jadi adalah pejuang yang kuat melawan kanker. Pada uji laboratorium, teh hijau mampu memperlambat atau mencegah perkembangan kanker di usus besar, hati, payudara, dan prostat. Efeknya juga sama dengan di jaringan paru-paru dan kulit. Pada penelitian jangka panjang, teh juga dapat menurunkan resiko kanker kandung kemih, perut dan pankreas.
  6. Anggur dan jus anggur terutama ungu dan merah, mengandung resveratol. Senyawa tersebut memiliki komponen antioksidan yang kuat dan antiperadangan. Dalam penelitian laboratorium, resveratol mencegahj kerusakan yang dapat memicu proses terjadinya kanker didalam sel. Meski demikian, belum ada cukup bukti bahwa makan buah anggur atau minum jus anggur atau wine dapat mencegah atau mengobati kanker.
  7. Air dapat melindungi. Air putih tidak hanya menghilangkan dahaga , tetapi juga melindungi tubuh dari kanker kandung kemih. Air melarutkan konsentrasi zat-zat potensial penyebab kanker di dalam kandung kemih. Selain itu, minum cukup air juga membuat tubuh sering buang air kecil. Dengan demikian, akan mengurangi unsur-unsur penyebab kanker berlama-lama kontak dengan dinding kandung kemih.
  8. Keluarga Kubis dan Sayuran Berdaun Hijau. Sayuran dari keluarga Cruciferae, termasuk brokoli, kembang kol, kubis, bok choy, dan kale, memiliki komponen yang dapat membantu tubuh bertahan dari kanker, misalnya usus besar, payudara, paru-paru, dan serviks.  Selain keluarga kubis, sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam dan selada, sangat kaya akan folat, serat dan karotenoid. Nutrisi tersebut membantu melindungi dari kanker mulut, larinks, pankreas, paru-paru, kulit dan perut.
  9. Kunyit. Kurkumin adalah bahan utama kunyit dan sangat potensial dalam memerangi kanker. Riset dilaboratorium menunjukkan bahwa kurkumin dapat menekan transfromasi, perkembangbiakan, dan invasi sel-sel kanker dari berbagai jenis kanker.
  10. Keluarga Beri. Sroberi dan Rasberi memiliki zat fitokimia yang disebut ellagic acid. Antioksidan yang kuat tersebut dapat melawan kanker dengan beberapa cara sekaligus, termasuk mematikan substansi penyebab kanker tertentu dan memperlambat perkembangan sel kanker. Bluberi juga mengandung antioksidan dan potensial untuk mengusir kanker. Cara kerjanya dengan mematikan radikal bebas sebelum sempat merusak sel. Untuk menambah asupan bluberi, coba campur dengan oatmeal, sereal, yoghurt dan salad.

=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kanker and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>