Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan suatu penyakit yang amata menakutkan setiap orang. Penyakit itu bisa dilawan dengan menjalani pengobatan (dari luar) dan bisa pula ditangkis dari dalam melalui pengaturan pola makan sehari-hari, sehingga dapat meniadakan penyakit yang mematikan itu. Berbagai upaya yang dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit kanker kini semakin maju. Untuk itu perilaku hidup merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit kanker pada dirimanusia diluar faktor keturunan, linglkungan dan pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan yang ada. Faktor perilaku hidup itu salah satunya adalah yang menyangkut pola makan sehari-hari.  Hal yang harus dilakukan untuk penyakit ini adalah bagaimana mengetahui cara mencegah penyakit kanker.

Para ahli penyakit kanker belakangan ini menyimpulkan bahwa sekitar 80-90 persen dari berbabgai bentuk penyakit kanker berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi penderita sehari-hari. Seperti kanker payudara atau yang diduga muncul karena mengonsumsi lemak yang terlalu banyak. Dalam  hal ini alkohol diperkirakan ikut membangkitkan munculnya kanker itu.  Kanker hati juga diduga muncul akibat pencemaran makanan oleh aflatoksin dan juga konsumsi alkohol yang tinggi. Beberapa ahli juga berpendapatbahwa virus hepatitis B juga merupakan penyebab munculnya kanker hati. Sebenarnya demikian pula kanker paru-paru dan  kandungan kemih banyak disebabkan oleh serapan temabakau serta beberapa zat kimia dari berbagai cemaran industry. Cara mencegah penyakit kanker adalah dengan mengatur pola makan.

Disamping zat-zat yang merugikan dalam kandungan gizi makanan tertentu terdapat pula zat-zat gizi yang dikenal sebagai zat antiarsinoen, semacam zat yang bersifat protektif yang melindungi seseorang yang mengonsumsinya dari tubuh kanker. Cara mencegah penyakit kanker adalah dengan mengondumsi makanan yang banyak mengandung gizi baik, dalam hal ini termasuk juga dalam makanan itu sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, betakaroten, vitamin C dan viatmin E. Juga zat gizi lainnya yang dikenal bisa mencegah penyakit kanker seperti selenium (terong-terongan), asa folat, vitamin B, vitamin D, seng kalsium dan magnesium.

Serat yang merupakan bagian dari pangan sampai yang tidak dapat dicerna oleh tubuh juga berperan penting dalam pemeliharaan kesehatan tubuh. Ia juga dapat mencegah timbulnya kanker kolon. Karena itu dikatakan bahwa fungsi serat dalam tubuh manusia amat penting. Ia dapat memberikan sekitar pembuluh darah sehngga melunakkan kotoran dan malah ikut mendorong kotoran dari anus Karena itu sari makanan yang banyak mengandung serat diantaranya seperti biji-bijian, kulit kacangan, buah-buahan serta sayuran seperti seledri, kol, dan yang lainnya.

Vitamin C dan E serta selenium dikenal sebagai zat antioksida yang dapat merangsang system imunitas tubuh manusia. Terutama untuk melawan radikal bebas yang membentuk karsonogen. Mekanisme antioksidan dalam menghambat terjadinya kanker  ini termasuk mencegah pembentukan karsinogen dan menghalangi terbentuknya hal itu secara normal.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kanker and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>