Penyakit Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker dalam rongga mulut yang paling sering terjadi. Data epidemiologi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kanker dalam rongga mulut terjadi sekitar 2%dari keseluruhan kejadian kanker. Di Amerika diperkirakan lebih dari 10.000 orang dilaporkan mengalami kanker lidah setiap tahunnya.

Jika diketahui sejak dini, kanker ini dapat diobati dengan baik. Namun jika terlambat dan sudah menyebar, dapat menggakibatkan gangguan menelan, berbicara bahkan kematian. Faktor pencetus terjadinya keganasan kanker lidah ini adalah merokok dan konsums alkohol yang tinggi. Beberapa penelitian menemukan dari penderita kanker lidah, 90% adalah perokok.

Risiko terjadinya kanker lidah pada perokok enam kali lebih besar dibandingkan bukan perokok. Demikian pula hanlnya dengan orang yang suka mengonsumsi alkohol.

Pada awalnya biasa didapatkan gambaran daerah putih pada lidah, lama kelamaan membesar dan terjadi luka. Selain gambaran putih, mungkin juga diawali dengan adnaya gambaran merah (eritroplakia). Gejala lain dari kanker lidah yang dapat terjadi pada stadium lanjut adalah :
- Perdarahan pada mulut
- Sulit berbicara mengunyah atau menelan
- Terdapat benjolan dan luka pada lidah
- Terjadi penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas

Diagnosis kanker lidah

Untuk mendiagnosis keganasan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh tentang keluhan yang terjadi sebelum menentukan diagnosis.

Pemeriksaan paling akurat untuk memastikan ada tidaknya keganasan ini adalah dengan teknik biopsi. Mengambil contoh jaringan selanjutnya dilakukan pemeriksaan di bawah mikroskop. Pemeriksaan ini dapat mengidentifikasikan jenis sel yang terdapat pada bagian yang diduga sebagai sel tumor.

Pengobatan kanker lidah

Untuk mengatasi masalah kanker lidah, terdapat beberapa jenis terapi, bergantung pada stadium kanker. Pembedahan merupakan pilihan pertama, jika tumor ditemukan pada stadium awal dan biasanya terletak pada lidah bagian depan. Pembedahan tidak hanya pada bagian lidah bahkan mungkin perlu dilakukan pengangkatan pada bagian-bagian tertentu dari mulut, bergantung pada kemungkinan penyebaran sel kanker.

Karena sel tumor dapat menyebar melalui kelenjar getah bening pada kondisi tertentu diperlukan tindakan pembedahan pada kelenjar getah bening yang berada pada leher. Tindakan pembedahan yang dilakkan berisiko menjadi gangguan menelan atau berbicara. Dokter biasanya akan melakukan konfirmasi sebelumnya terhadap kemungkinan risiko akibat pembedahan.

Selanjutnya dilakukan tindakan radiasi untuk membunuh sisa-sisa kanker yang belum dapat diangkat melalui pembedahan. Untuk melakukan tindakan ini diperlukan seorang ahli terapi radiasi yang dapat mengukur besarnya radiasi yang diberikan dan berapa kali terapi radiasi harus dilakukan. Selanjutnya dilakukan kemoterapi untuk membunuh sel kanker yang sudah menyebar ke tempat lain melalui pembuluh darah.

Jika kanker sudah masuk dalam stadium lanjut dan jika letaknya pada pangkal lidah, risiko pembedahan mungki cukup tinggi. Pada kondisi seperti ini, maka pilihan terapinya adalah pemberian radiasi dan kemoterapi.

Setelah dilakukan tindakan pembedahan, perlu dilakukan tindakan rehabilitasi untuk melatih penderita makan, berbicara dan menelan. Untuk ini diperlukan ahi yang memang mendalami masalah ini.

Pencegahan kanker lidah

Sebenarnya pencegahan terhadap penyakit kanker lidah ini bisa dilakukan, caranya tentu saja dnegan menghindarkan hal-hal yang dapat memicu timbulnya sel kanker pada lidah. Seperti menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Selain itu sebaiknya menghindari paparan sinar matahari dengan intensitas tinggi. Meskipun belum ada fakta yang kuat, namun terdapat dugaan sinar matahari dapat mencetuskan terjadinya kanker lidah. Selain itu perlu mengatur diet, sehingga mengonsumsi makanan tinggi serat, rendah karbohidrat dan lemak.

Berkonsultasi dengan dokter gigi secara teratur juga dapat membantu menentukan diagnosis lebih dini. Rentang waktu ideal merawat kesehatan mulut minimal satu kali dalam sebulan berkonsultasi ke dokter gigi.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kanker and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>