Penyebab Penyakit Kanker

Di samping faktor mendasar, seperti umur dan jenis kelamin peluang kita terkena berbagai jenis penyakit kanker juga diperngaruhi oleh keseimbangan sejumlah elemen. Berikut ini ada beberapa penyebab penyakit kanker dari berbagai elemen-elemen tersebut bervariasi, tergantung jenis kankernya, yakni :

1. Lingkungan

Seuatu senyawa yang dikenal seagai karsinogen bisa benar-benar menyebabkan kanker. Karsinogen yang paling terkenal adalah asap tembakau. Karsinogen yang lain mencakup sinar matahari, radiasi, asbes dan tembakau yang dikunyah. Adanya faktor lingkungan berarti tipe kanker yang paling umum dan sangat beragam di belahan dunia yang berbeda. Salah satu faktor tersebut adalah pola makan, karena apa yang kita makan bisa bersifat merusak atau melindungi.

Gambar salah satu jenis makanan penyebab penyakit kanker

2. Gen

Beberapa jenis kanker seperti kanker kolon dan kanker payudara sering terjadi dalam satu keluarga. Hal itu tidak berarti bahwa seluruh keluarga akan terkena kanker, tetapi mereka memiliki resiko lebih tinggi untuk mengidap kanker dibandingkan ornag kebanyakan. Banyak hal telah dilakukan untuk mengatasi hal ini dan pada kanker payudara, gen yang berhubungan dengan meningkatnya risiko tersebut telah terindetifikasi yatu BRCA 1 dan BRCA 2. Meskipun demikian, Anda tak perlu cemas karena jumlah kanker payudara yang disebabkan faktor genetis kurang dari 5% dari seluruh kanker payudara.

3. Infeksi virus

Beberapa virus bisa mengubah materi genetis sel-sel sehingga sel-sel tersebut nantinya cenderung lebih mudah membentuk kanker. Infeksi-infeksi tersebut,, lebih berkontribusi terhadap perkembangan kanker di negara-negara berkembang, mencakup virus HPV (kanker leher rahim), hepatiti B (kanker hati) dan di Cina, virus Epstein Barr (kanker nasofaring yang terletak di belakang hidung). Kanker juga sering terjadi pada mereka yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, misalnya mereka yang mengonsumsi obat yang berfungsi menekan sistem kekebalan tubuh atau mereka yang terkena AIDS.

Terjadinya Penyakit Kanker

Beberapa jenis kanker lebih umum ditemukan dibandingkan jenis lainnya. catatan mengenai jumlah orang yang baru didiagnosis terkena kanker tersebut. Catatan ini memberikan informasi mengenai jenis kanker mana yang mengalami peningkatan atau penurunan serta jenis kanker mana yang sering atau jarang terjadi. Meskipun kita sering mendengar adanya anak-anak dan orang muda terserang kanker, secara statistik orang-orang lanjut usia lebih sering terkena kanker. Ada banyak dan semakin banyak orang didiagnosis terkena kanker, tetapi berhasil menjalani terapi dan tetap hidup bersama penyakit tersebut.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kanker and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>